Sejarah Berdirinya SMP N 4 Kedungbanteng

Sejarah Berdirinya SMP N 4 Kedungbanteng

Latar belakang berdirinya SMP N 4 Kedungbanteng tidak lepas dari aspirasi masyarakat sekitar dan juga pihak desa serta para pendidik. Kondisi lingkungan yang tidak terjamah oleh oleh angkutan umum menyebabkan para anak usia sekolah tidak melanjutkan sekolah karena biaya dan transportasi yang sulit sehingga banyak anak yang lulus sekolah dasar akhirnya tidak melanjutkan ke Sekolah Menengah pertama. Melihat kondisi seperti itu maka pihak desa dan juga masyarakat memberi jalan keluar dengan mendirikan SMP di desa Baseh yaitu di dusun Rabuk desa Baseh Kec. Kedungbanteng. Pertimbangan mendirikan didaerah ini adalah anak-anak yang berada di dusun cibun, pondok lakah, rabuk, semaya, buaran, akan lebih mudah menjangkau sekolah tersebut walaupun dengan jalan kaki.

SMP N 4 Kedungbanteng berdiri pada tahun 2007. Awal berdiri menginduk dengan SD N 1 Baseh atau SD Rabuk dengan nama SMP Satu Atap. Sekarang sudah berdiri sendiri menjadi SMP N 4 Kedungbanteng merupakan SMP nomer 4 dari SMP-SMP Negeri yang ada dikecamatan kedungbanteng. Yaitu SMP N 1 Kedungbanteng, SMP N 2 Kedungbanteng, SMP N 3 Melung, dan SMP N 4 Kedungbanteng.

SMP N 4 Kedungbanteng mengakomodir anak-anak yang lulus sekolah dasar yang yang berada didesa baseh dan sekitarnya. seperti dusun Cibun, Pondok Lakah, buaran, windusari, baseh, semaya, rabuk dan kalisalak. semaya secara administratif ikut kecamatan karanglewas, namun secara teritorial lebih dekat dengan desa baseh sehingga anak-anak yang berasal dari desa semaya bersekolah di SMP N 4 Kedungbanteng. begitu juga dengan windusari dan kalisalak. 

Jadi SMP N 4 Kedungbanteng Mengakomodir anak-anak sekolah dari 3 desa yaitu Baseh, Kalisalak, Semaya. dari desa Baseh sendiri ada 5 dusun yaitu baseh, rabuk, cibun, pondok lakah, buaran.
dan ditambah 1 windusari daerah berbatasan antara baseh, windujaya, dan kalisalak.

Respon masyarakat terhadap adanya SMP N 4 Kedungbanteng sangat baik, hal ini dibuktikan dengan bertambahnya jumlah siswa dari tahun ke tahun, akan tetapi dukungan fasilitas sekolah yang masih kurang sehingga menyebabkan sekolah ini belum bisa bersaing dengan sekolah-sekolah yang ada diperkotaan.

Lokasi SMP N 4 Kedungbanteng berada di pegunungan yang dikelilingi oleh persawahan. udara yang segar dan pemandangan yang indah selalu mengihiasi suasanya pagi dan jauh dari polusi dan kebisingan kendaraan bermotor menjadikan suasanya belajar di SMP N 4 Kedungbanteng menjadi nyaman dan tenang.

Harapan kami semoga SMP N 4 Kedungbanteng kedepannya tambah maju dengan didukung berbagai fasilitas yang baik sehingga akan menjadikan sekolah ini dapat bersaing dengan sekolah-sekolah pada umumnya.

    • Popular
    • Categories
    • Archives